Tanaman Akar Wangi

Bagikan :
Akar wangi

Rumput akar wangi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi:  Magnoliophyta
Kelas:      Liliopsida
Ordo:      Poales
Famili:  Poaceae
Genus:      Vetiveria
Spesies: V. zizanoides



Rumput akar wangi (Vetiveria zizanioides, syn. Andropogon zizanoides) adalah sejenis rumput yang berasal dari India. Tumbuhan ini dapat tumbuh sepanjang tahun, dan dikenal orang sejak lama sebagai sumber wangi-wangian. Tumbuhan ini termasuk dalam famili Poaceae, dan masih sekeluarga dengan serai atau padi.

Akarnya yang dikeringkan secara tradisional dikenal sebagai pengharum lemari penyimpan pakaian atau barang-barang penting, seperti batik dan keris. Aroma wangi ini berasal dari minyak atsiri yang dihasilkan pada bagian akar.Tumbuhan ini merupakan komoditas perdagangan minor walaupun cukup luas penggunaan minyaknya dalam industri wangi-wangian.

Kreasi Akar Wangi
Pada 1920, budidaya akar wangi hanya dikenal untuk menghasilkan minyak atsiri, sebagai bahan dasar wewangian atau kosmetik. Penghasil akar wangi di dunia pun hanya ada tiga, yakni Haiti dan Bourbon di Pasifik, serta di Garut, Indonesia. Kondisi inilah yang kemudian dimanfaatkan Joanna dari Zocha Graha Kriya, di Garut, Jawa Barat untuk membuat berbagai kerajinan berbahan dasar akar wangi.
Akar wangi diambil dari pohon akar wangi. Akar yang baik untuk dijadikan kerajinan berusia 12 bulan, sebab panjangnya sudah mencapai 40 centimeter sehingga memadai untuk ditenun. Setelah itu akar-akar tadi ditenun. Ukuran akar yang tidak sama besar justru menjadi kelebihan karena menjadikan tenunan bertekstur unik.

Produk-produk akar wangi yang dihasilkan antara lain taplak meja, tas, lampion, tudung saji, tutup kulkas, boneka, sarung bantal, hingga sekat ruangan. Menurut Joanna, seluruh produk yang dihasilkan dibedakan menjadi tiga jenis yaitu fashionable, fungsional, dan dekoratif.

Usaha Joanna bermula pada 1998, saat ia mengunjungi sebuah pameran di Jakarta. Di sana ia melihat produk taplak meja yang menggunakan akar wangi. Namun akar wangi yang digunakan pada taplak meja tersebut hanya sedikit, karena masih didominasi benang. Joanna kemudian mendapat ide untuk membuat produk seluruhnya menggunakan akar wangi.

Usaha yang dirintisnya satu tahun kemudian lalu mendapat respon baik dari masyarakat. Kerajinan akar wangi pun dianggap menjadi kerajinan khas Garut. Kini kreasi akar wangi Joanna sudah dikirim ke Sulawesi, Sumatra, Malaysia, dan bahkan ke Timur Tengah.(TES/LUC)


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
http://berita.liputan6.com

POSTING BERKAITAN

TEMPLATE DESIGN BY
m-template | by:bagas96
eXTReMe Tracker
waplog
www.mobicontent.blogspot.com
© 2009-2012 | Full Download | Other Blog : Healthy Living Solutions | Gadget Infinity | Automotive Reviews
| Best Mobile Phones