Daun Gandapura

Bagikan :
Minyak Gandapura

Definisi:
     Tumbuhan perdu, daunnya dipakai sebagai campuran obat gosok (minyak -- ); Abelmoschus moschatus

Sinonim:
     n: kasturi

Minyak gandapura ini dahulu dikenal dengan nama minyak Wintergreen, Wintergreen ( Gaultheria procumbens L.) termasuk famili Ericaceae. Tanaman ini mempunyai daun berwarna hijau dan berbau harum, batangnya merambat, tangkai cabangnya licin dan tingginya tidak lebih dari enam inchi, serta dibagian pucuk terdapat kelompok daun yang berwarna hijau dan lebat. Lebar daun bervariasi antara 1,0 – 1,5 inchi dipermukaan atas berwarna hijua tua dan mengkilap serta dibagian bawah daun berwarna lebih terang (muda). Buahnya berwarna putih dan timbul antara Juli dan Agustus. Buahnya berbentuk bulat kecil, berwarna merah dan mempunyai rasa pedas; jika buah telah masak biasanya jatuh dengan sendirinya, tetapi kadang-kadang tetap melekat pada pohon. Semua bagian tanaman terutama bagian daun berbau harum. Minyak wintergreen diperoleh dengan cara penyulingan uap dari daun Gautheria Procumben atau kulit Betula Lenta. Kandungan utamanya adalah metil salisilat (98%), yaitu senyawa ester. Minyaknya jernih, baunya khas aromatik dan memiliki rasa manis panas.

Tanaman wintergreen lebih sesuai tmbuh di daerah yang berhawa dingin dan tanah berpasir, terutama bila dinaungi belukar dan pohon.

Negara penghasil wintergreen adalah Kanada dan Amerika Serikat, yang tumbuh tersebar di daerah Newfounland, Manitoba, Minnesito sampai George dan Alabama.

Manfaat Minyak Gandapura

Minyak gandapura ini digunakan sebagai obat gosok untuk menghilangkan pegal-pegal pada otot. tanaman ini dimanfaatkan untuk analgesik, karminatif, diuretik, mengobati rematik, mencegah kerontokan rambut, antiseptik dan antelmintik. Dalam industri, digunakan sebagai campuran untuk pewangi dalam pembuatan minuman, parfum, obat, permen dan pasta gigi. Bahkan daun yang telah difermentasi dapat dibuat sebagai teh herbal. Daun yang masih segar mempunyai bau yang sangat aromatis sehingga tanaman aromatis yang mengandung atsiri bisa dimanfaatkan. Daun gandapura mengandung minyak atsiri sekitar 1,2%, bila disuling dalam keadaan segar kadar minyaknya hanya 0,5 - 0,8%, tetapi bila telah dikeringkan dapat mencapai 1% Cara penggunaan minyak atsiri bisa dalam bentuk kompres (4 - 5 tetes atau 0,20 – 0,25 ml dicampur dengan air hangat atau dingin sebanyak sekitar 200 ml), minyak untuk pijat (12 - 15 tetes atau 0,60 – 0,75 ml) dalam 30 ml minyak almon) dan lotion (25 tetes atau 0,25 ml minyak dalam 60 g lotion netral (Anonim, 2003). Selain itu, minyak atsiri gandapura bisa dimanfaatkan juga sebagai insektisida atau insek repellent. Metode ekstraksi terhadap minyak atsiri akan berpengaruh terhadap rasa, aroma, kenampakan dan komposisi kimia dari produk, seperti minyak hasil penyulingan mempunyai bau dan aroma yang berbeda dengan minyak hasil ekstraksi dengan menggunakan pelarut organik


Sumber:  http://kateglo.bahtera.org
               http://mkf-poenya.blog.friendster.com

POSTING BERKAITAN

TEMPLATE DESIGN BY
m-template | by:bagas96
eXTReMe Tracker
waplog
www.mobicontent.blogspot.com
© 2009-2012 | Full Download | Other Blog : Healthy Living Solutions | Gadget Infinity | Automotive Reviews
| Best Mobile Phones